Manuskrip Syaikhona Kholil

Ini adalah bagian awal dan terakhir dari teks berisi penjelasan rukun iman dan islam dalam sebuah manuskrip yang dinisbatkan kepada Syailhona Kholil Bangkalan.

Terbaca: Tamma wa kamula hadzal kitab an-nafi likullin minath thullab biyadil/ ‘abdidz dzalil Muhammad Kholil bin Abdil lathif gafara Allah/ dzunubahu wa satara fid daraini uyubahu/ kana dzalika lailatal arbi’a’/ tsalatsa ‘asyar madhot/ min syahri romadhon/ 1308.

Telah selesai kitab yang bermanfaat ini bagi para murid, (ditulis) dengan tangan hamba yang hina Muhammad Kholil bin Abdul Latif. Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya dan menutup, di dunia dan akhirat, aib-aibnya. Selesainya itu pada rabu malam 13 hari lewat bulan ramadhan 1308.

Jika diubah ke tahun masehi yaitu tanggal 22 April 1891 ketika beliau berusia 71 tahun. Ini bukti bahwa beliau masih menulis kitab diusia yang sepuh.

Beliau pastinya juga dalam kondisi akal dan ruhani yang prima untuk menulis kitab diusia itu.

Terima kasih kepada Pak Samidi Khalim yang telah memberikannya, dan beberapa manuskrip yang dinisbatkan kepada Syaikhona Kholil lainnya, kepada saya.

Satu masukan, ukuran fotonya yang terlalu kecil membuatnya pecah jika diperbesar. Hasilnya, banyak teks, terutama bagian catatan pinggir, yang tidak terbaca.

Untuk Syaikhona Kholil lahul fatihah.

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124