Menjelang Ramadhan, Halaqah Turots Syaikhona Kholil akan Jeda Hingga Syawal

Keterangan foto: Lora Muhammad Ismail Al Ascholy ketika membaca kitab Isti’dad al-maut dalam kegiatan Halaqah Turots pada Malam Kamis, 11 Sya’ban 1442 di Masjid Martajasah


Lajnah Turots Ilmi Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan, seperti biasa, menyelenggarakan kegiatan rutin Halaqah Turots Syaikhona Muhammad Kholil pada setiap malam Kamis Kliwon.

Malam ini (24/03) bertempat di sisi selatan Masjid Pasarean Syaikhona Muhammad Kholil Martajasah Bangkalan, pada malam Kamis 11 Sya’ban 1442 H, adalah kali ke delapan rutinan Kliwonan ini berjalan.

Dua kitab karangan Syaikhona Muhammad Kholil, yaitu Taqrirat Syaikhona Muhammad Kholil ala Mandzumati Nuzhat al-Thullab dan Isti’dad Al Maut menjadi materi yang dikaji.

Diawali dengan pembacaan kitab Taqrirat oleh Lora Usman Hasan, lalu dibahas bersama-sama dengan para peserta Halaqah.

Pembahasannya variatif: mulai dari analisis kata, perbandingan redaksi dengan kitab-kitab mu’tabarah ulama salaf, hingga koreksi penulisan oleh muhaqqiq.

Begitupun kitab Isti’dad Al Maut, dimana Lora Muhammad Ismail Al Ascholy yang secara rutin membaca lalu membahasnya bersama-sama sebagaimana kitab Taqrirat.

Akan Jeda Hingga Syawal
Di akhir sesi Halaqah, Lora Usman Hasan selaku Ketua Lajnah Turots Ilmi Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan mengumumkan bahwa kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap malam Kamis Kliwon ini pada malam Kamis Kliwon mendatang akan jeda. Hal itu karena bertepatan dengan bulan Ramadhan, yaitu Kamis 17 Ramadhan 1442.

Ra Usman menuturkan bahwa kegiatan Halaqah akan kembali aktif pada Kamis Kliwon di bulan Syawal.

Seusai Halaqah, seperti biasa, rutinan ini lalu dilanjutkan dengan pembacaan Ratib di Masjid Pasarean Syaikhona Muhammad Kholil Martajasah Bangkalan. Ratiban ini dipimpin dan diikuti oleh para kiai-kiai dzurriyah Syaikhona Muhammad Kholil.

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124