Riset Tentang Jaringan Intelektual Di Dunia Pesantren, Peneliti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Berkunjung Ke Lajnah Turots Syaikhona Kholil

Muhammad Ali Tohir (kanan) dengan khidmat menyimak pemaparan Lora Usman Hasan menuturkan manuskrip tentang keilmuan Syaikhona Muhammad Kholil

Peneliti sejarah dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Muhammad Ali Tohir, bertamu ke Lajnah Turots Ilmi Syaikhona Muhammad Kholil di Jl. Raya Martajasah Bangkalan, pada Kamis, 09 September 2021.

Agenda tersebut dalam rangka penelitian tentang jaringan intelektual bidang linguistik Arab di Dunia Pesantren, yang secara khusus merujuk kepada Kitab Alfiyah Ibnu Malik sebagai objek penelitian.

Penelitian bertema “Kiai dan Alfiyah Ibn Malik: Merajut Jaringan Intelektual Bidang Linguistik Arab di Dunia Pesantren” tersebut menggali lebih jauh peran Syaikhona Muhammad Kholil dalam menyebarkan kitab Alfiyah di Nusantara, khususnya di kalangan Pesantren. Dengan alasan hendak memetakan sanad keilmuan Alfiyah Ibn Malik di Pesantren Jawa dan Madura, Muhammad Ali Tohir bertamu kepada Lajnah Turots Ilmi Syaikhona Muhammad Kholil dan diterima langsung oleh Lora Usman Hasan sebagai Ketua Lajnah Turots.

Menurut Muhammad Ali Tohir, Lajnah Turots Ilmi Syaikhona Muhammad Kholil sebagai lembaga yang meneliti keilmuan Syaikhona Muhammad Kholil memiliki informasi yang sangat luas dan bisa dipertanggung jawabkan tentang Mahaguru Ulama Nusantara tersebut. “Informasi tentang Syaikhona, sangat luas dan bisa dipertanggung jawabkan” tuturnya.

Kepada peneliti, Lora Usman Hasan memperlihatkan manuskrip-manuskrip kuno yang menerangkan tentang sanad ilmu Syaikhona Muhammad Kholil sebagaimana pertanyaan yang diajukan peneliti, serta informasi-informasi sejarah tentang Syaikhona Muhammad Kholil yang semuanya digali secara ilmiah berdasarkan manuskrip-manuskrip yang menjadi temuan Lajnah Turots.

Posted by

Mufti Shohib

Santri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Demangan Barat Bangkalan

Anda mungkin juga suka...

(1) Komentar

  1. Muhammad Husain

    Mogeh2 e parengah lancar ben manfaat tor barokah…🤲👍🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.